Geografi sosial merupakan kajian dalam geografi manusia yang menjelaskan mengenai interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yaitu manusia lain maupun kelompok manusia disekelilingnya. Maksudnya, bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan primer maupun sekunder pasti akan memanfaatkan lingkungan sekitarnya.
Geografi sosial dalam kawasan perkotaan meliputi :
- Kawasan Bisnis
- Kawasan Perdagangan
- Kawasan Perkantoran
- Kawasan dengan Kegiatan Khusus
1. Kawasan Bisnis
Dalam kawasan bisnis, lebih menyukai dan berkencenderungan adanya kosentrasi penjual jasa, seperti :
- Penjahit
- Tempat praktik Dokter Umum
- Pengacara
- Pemangkas Rambut
Biasanya berlokasi berdekatan dengan tempat pemukiman masyarakat.
2. Kawasan Perdagangan
Diambil dari kata Perdagangan berarti suatu tempat dimana bertemunya para konsumen dan penjual, dan adanya proses tawar menawar, contoh tempat kawasan perdagangan yang sering ditemui adalah Pasar. Seperti yang saya amati disebuah pasar yang bernama Pasar Tambun, banyak para konsumen yang berdatangan untuk memenuhi kebutuhannya seperti sandang dan pangan, dan Pasar tidak melihat konsumen itu dari kaum berada ataupun kaum tidak berada.
3. Kawasan Perkantoran
Dalam kawasan Perkantoran yang berperan penting adalah :
- Konsep Lokasi merupakan konsep utama dalam menjawab pertanyaan (where). Konsep lokasi juga mengandung pengertian bahwa lokasi berpengaruh untuk ketenaran perusahaan tersebut, semakin terplosoknya tempat usaha semakin susah untuk bersosalisasi dengan lingkungan sekitar.
- Konsep Jarak juga mempengaruhi jalannya kawasan perkantoran untuk bersosialisasi.
Dapat kita tarik kesimpulan bahwa Geografi Sosial berperan penting di kebutuhan masyarakat banyak entah dalam dunia usaha, perkantoran, dll. Geografi Sosial memiliki konsep Algomerasi, yang berarti kecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia.
ADS HERE !!!