Untuk memenuhi tugas Softskill mata kuliah Pengantar Teknologi Game, saya akan mencoba menganalisa kelebihan dan kekurangan dari segi aplikasi dan jurnal tersebut, disini saya mengambil 2 jurnal untuk dilakukan analisa.
JURNAL 1. Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies Untuk Anak Usia 6 – 8 Tahun
Jurnal ini ditulis oleh Muhamad Fauzi, Rinda Cahyana, dan Dewi Tresnawati, dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut, didalam jurnal ini membahas pembuatan suatu aplikasi edukasi tentang kesehatan mengenai pengenalan karies / gigi berlubang.
Kelebihan :
- Jurnal
- Memaparkan secara jelas dan lengkap latar belakang dari permasalahan mengapa dibuatnya aplikasi ini.
- Penjelasan yang disampaikan pada landasan teori memaparkan cukup jelas, untuk segi alur jalannya aplikasi.
- Penggunaan tata bahasa yang sesuai dengan EYD.
- Untuk penulisan sesuai dengan ketentuan pembuatan suatu jurnal.
- Aplikasi
- Aplikasi yang di design secara 3D sehingga terlihat menarik.
- Di lengkapi film pendek yang bercerita tentang karies itu sendiri.
- Terdapat juga suatu level permainan.
Kekurangan :
- Jurnal
- Tidak dilengkapi dengan pengimplementasian ke dalam bahasa pemrograman.
- Aplikasi
- Background yang digunakan masih kurang begitu bevariasi.
- Aplikasi ini hanya dapat berjalan di laptop atau komputer dengan sistem operasi windows.
Untuk melihat lebih jelasnya jurnal tersebut bisa dilihat disini.
JURNAL 2. Rancang Bangun Game Slider Puzzle Berbasis Android Menggunakan Metode Heuristik dengan Teknik Best First Search
Jurnal ini ditulis oleh Chandra Usman, Kenedy Candra, Hendri Sopryadi, dan Willy, dari STMIK MDP, jurnal ini membahas tentang pembuatan game puzzle dengan menggunakan Metode Heuristik dengan teknik Best First Search. Algoritma yang digunakan algoritma A*.
Kelebihan :
- Jurnal
- Pembahasan metode yang digunakan sangat jelas.
- Abstrak jelas, sehingga dengan membaca abstraknya saja pembaca dapat mengetahui hasil dari penelitian tersebut.
- Dilengkapi dengan screenshot cara pemakaian program.
- Aplikasi
- Aplikasi sangat mudah dipahami.
- Terdapat hint untuk membantu user apabila terjadi kesulitan pada saat bermain.
- Di dalam aplikasi user juga dapat mengubah ukuran puzzle.
Kekurangan :
- Jurnal
- Tidak dijelaskan proses instalasi aplikasi.
- Tidak terdapat implementasi ke dalam bahasa pemrograman yang digunakan.
- Aplikasi
- Dalam segi tampilan masih kurang menarik.
- Untuk petunjuk pemakaian aplikasi hanya terdapat teori, alangkah baiknya diberi tampilan gambar agar pemahaman petunjuk pemkaian lebih mudah dimengerti.
Untuk melihat jurnal dapat dilihat disini.
Mungkin sekian yang bisa saya analisa untuk kedua jurnal tersebut, saya berterima kasih sebelumnya untuk para penulis jurnal yang saya analisa, mohon dimaafkan apabila dalam penganalisaan terdapat kesalahaan.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kedepananya. Terima Kasih.