LISTING
BLOK
PROGRAM VARIABEL
BLOK
PROGRAM BUTTON1 (MULAI)
BLOK
PROGRAM BUTTON2 (KELUAR)
BLOK
PROGRAM TIMER
LOGIKA
Pada postingan kali ini saya akan
membuat program sederhana untuk membuat animasi Galaxy, komponen yang
dibutuhkan adalah 1 panel, 5 shape, 1 timer, 2 button, kemudian susun
seperti pada OUTPUT dibawah, sekarang saya akan menjelaskan tentang
listiing diatas.
Maksud dari listing ini adalah
pendeklarasian variabel dimana variabel theta, d, c bertipe data
real, dan variabel constanta bertipe data integer.
Pada listing diatas adalah
termasuk dalam blok program Button1 atau Button Mulai, kemudian jika
button mulai ini diklik program akan mengeksekusi dimana variabel
contanta diberi nilai 5, dan Mengaktifkan Shape2, Shape3, &
Timer1, disini lah yang menjadi pergerakan shape-shape, lalu memberi
nilai pada variabel theta 0.0, c 1/100, dan d 2*PI.
Pada listing diatas termasuk dalam
blok program Button2 atau Button Keluar, disini hanya diberi perintah
“application.terminate” karena button2 hanya berfungsi sebagai
mengeluarkan atau menghentikan jalannya program sama seperti tombol
close pada window.
Pada listing diatas termasuk dalam
blok program komponen Timer, pertama program akan mendeklarasikan
variabel x1, x2, y1, y2 merupkan tipe data integer, kemudian masuk ke
perintah percabangan pertama, dengan kondisi jika variabel theta
kurang dari sama dengan perhitungan 2*variabel d, maka program akan
memproses perhitungan supaya shape 5 dan shape 4 sebagai jalur untuk
bergeraknya shape3 dan shape2, setelah itu variabel theta selalu
ditambah dengan nilai variabel c.
Kemudian jika pada kondisi
perintah percabangan pertama bernilai false, maka program akan
mengeksekusi perintah percabangan kedua yang akan memproses bahwa
nilai theta dikembalikan menjadi 0.0, kemudian program akan kembali
lagi keperintah percabangan pertama.
OUTPUT
TAMPILAN FORM
TAMPILAN RUN
ADS HERE !!!